5 (100%) 34 votes

CAMPING PUNCAK | LEMBAH PASIR SUMBUL CAMPING GROUND

Kali ini kita akan membahas tentang Lembah Pasir Sumbul Camping Ground, sebuah tempat yang tepat berada ‘dipuncaknya’ Puncak. Secara kawasan salah satu spot camping di Puncak ini tidak bisa lepas dari Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP). Lembah Pasir Sumbul Camping Ground atau familiar dengan sebutan LPS Camping Ground ini berada di Zona Pemanfaatan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Yang membedakan dari Lembah Pasir Sumbul (LPS) Camping Ground adalah aksesnya yang tepat berada di Puncak. Secara administratif masuk ke wilayah Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur dan berbatasan langsung dengan wilayah Gunung Mas Kabupaten Bogor.

Berada di ketinggian 1.120 – 1.650 mdpl suhu udara di Lembah Pasir Sumbul (LPS) Camping Ground terasa ‘nendang banget’. Bebauan alami khas pegunungan yang berasal dari pohon Pinus dan berbagai tanaman khas ketinggian sangat membuat kita merasa rileks. Berbagai jenis flora dan fauna asli Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango terdapat disini.

Dengan topografi yang berbukit-bukit, memiliki luas 104,9 ha dan berkonsep konservasi serta mempunyai dua spot camping ground yaitu Pandawa Lima Camping Ground (1.120 mdpl) dan Malawangi Camping Ground (1.300 mdpl) Lembah Pasir Sumbul (LPS) Camping Ground sangat tepat untuk kegiatan camping, hiking, outbound training, pelatihan jungle survival, pelatihan navigasi darat, pengamatan burung, penelitian tentang tumbuhan dan lain-lain.

Di Lembah Pasir Sumbul (LPS) Camping Ground  juga terdapat motor All Terrain Vehicle (ATV) yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Dengan 3 track yaitu Family Track, Professional Track dan Adventure Track, anda dapat menikmati petualangan langsung di hutan Taman Nasional gunung Gede-Pangrango sampai diketinggian 1.640 mdpl dengan sensasi berbeda. Selain itu, tempat ini memiliki akses langsung ke dua bangunan vital milik negara yaitu Pos Pengamatan Gunung Api atau lebih terkenal dengan sebutan ‘Vulkanologi’ milik Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) & Menara Pasir Sumbul yang dibangun oleh Presiden Pertama RI Bapak Ir. Soekarno yang tentunya memiliki nilai histori tinggi.